Rabu, 24 Mei 2017

Cara Tepat Menggunakan Kartu Kredit, Untuk Hindari Musibah

Sudah bukan rahasia lagi bila saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang memiliki dan menggunakan kartu kredit sebagai alat bantu untuk transaksi pembayaran. Bahkan banyak diantara mereka yang memiliki kartu kredit BCA lebih dari 1 atau 3 buah sekaligus. Hal ini terjadi karena pihak bank sudah memberikan cukup banyak kemudahan untuk mengakses alat transaksi ini yang semakin hari semakin banyak digemari.

Namun perlu diingat, semakin banyak kartu kredit yang kita mliki, maka akan semakin sulit pula bagi kita untuk mengelola dan mengatur penggunaanya. Akan sangat baik ketika kita hanya memiliki jumlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan begitu kita tidak akan memiliki atau bahkan menghadapi resiko penyalahgunaan dan pemanfaatan yang tidak maksimal atas kartu kredit yang kita miliki. Coba simal beberapa hal dibawah ini agar penggunaan kartu kredit tidak mendatangkan musibah !!

Hindari Penggunaan Kartu Kredit Dalam Jumlah Banyak
Tidak ada gunanya memiliki kartu kredit dalam jumlah yang cukup banyak. Hgal ini justru akan memicu kita untuk melakukan sejumlah pembelanjaan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Hal ini pun akan menimbulkan sejumlah utang yang menggunung di masa mendatang. Pikirkan untuk ganya menggunakan 1 atau 2 jenis kartu yang benar – benar dapat kamu maksimalkan penggunaannya.

Pastikan Limit Sesuai Dengan Penghasilan
Hal ini seringkali disalah gunakan oleh para pemilik kartu kredit. Mereka menginginkan nilai limit yang lebih tinggi yang bahkan mereka sendiri belum tentu mampu untuk membayar tagihannya nanti. Hal inilah yang menyebabkan banyak masyarakat bangkrut hanya gara – gara menggunakan kartu kredit yang tidak sesuai.

Gunakan Bergantian
Ketika kita memiliki beberapa jenis kartu kredit tentunya aka nada satu kartu yang sangat kita favoritkan. Biasanya kartu sakti yang satu ini paling sering digunakan untuk melakukan beragam transaksi. Sebenarnya hal ini tidak tepat untuk dilakukan. Karena secara otomatis kita akan sangat jarang atau bahkan tidak menyentuk dan menggunakan jenis kartu kredit lain yang kita miliki. Lakukan rotasi pada penggunaan kartu kredit, gunakan kartu tersebut secara berkala dan bergantian agar seluruhnya dapat dimaksimalkan penggunaannya.

Hindari Penggunaan Melebihi Limit
Jangan pernah melakukan transaksi pembayaran melebihi limit. Hal ini hanya akan membuat skor kita dimata BI menjadi buruk. Gunakan kartu kredit dalam batas wajae, sekitar 40% dari limit yang diberikan oleh bank.

Berhasil atau tidaknya mengelola kartu sakti ini, tentu akan sangat bergantu pada pola piker serta gaya hidup yang dijalani oleh penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar